Sabtu, 07 Mei 2016

Safety Riding Course HTML Indonesia - 2016


Bro Ical dari Team HSRT HTML Bogor sedang memberi pengarahan safety riding kepada salah seorang peserta SRC.

Hari Sabtu, 30 April 2016, kembali Honda Tiger Mailing List (HTML) – sebuah  komunitas pengendara Honda Tiger terbesar di Tanah Air, kembali mengadakan program tahunannya yaitu Safety Riding Course (SRC). Kali ini acara tersebut diadakan di daerah sejuk, Bogor, tepatnya di Udiklat PLN Cibogo Megamendung. Kondisi area yang lapang dengan jalanan beraspal mulus itu menjadi lokasi yang tepat bagi penyelenggaraan SRC yang diikuti oleh 43 peserta itu. Tercatat beberapa daerah yang di komunitas HTML disebut simpul wilayah itu mengikuti acara tersebut. Tercatat wilayah Bogor sebagai tuan rumah, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Lampung, Jogjakarta, Tangerang dan wilayah Parahiyangan. Tidak hanya itu, beberapa peserta umum juga mengikuti kegiatan ini. Khusus bagi member HTML, setelah mengikuti SRC, mereka berhak mendapatkan NRA (Nomer Resmi Anggota).


Event tahunan ini juga mendapat support dari beberapa vendor yang setia menjadi partnership HTML seperti Prestone, 1661 Syndicate-Selataners Speed Team, Sinnob, Waroeng Brothers, Kampoeng Bikers, G-force, Mustang Car Seat Leather dan PLN-Corporate University.
 

 Full suport dari partnership untuk kesuksesan acara SRC HTML - 2016 ini.




 Bro Epenk dan bro Black sedang melakukan srcreening kelengkapan motor para peserta.

Koordiantor HTML Wilayah Bogor, bro Fandi Amrullah menuturkan bahwa event ini merupakan kepedulian HTML Indonesia terhadap keselamatan seluruh pengguna jalan raya di Indonesia sekaligus keprihatianan terhadap masih minimnya kesadaran pengguna jalan raya terhadap konsep-konsep safety riding. Sementara itu, Ketua Panitia, bro Tanto menyatakan, diharapkan peserta yang ikut akan terus menularkan konsep-konsep safety riding yang didapat selama SRC kepada pengguna jalan yang lain, baik secara langsung maupun dengan memberi contoh berupa tertib di jalan raya.

SRC yang juga dihadiri oleh HTML 001 bro Dinar Ariefianto ini dimulai pukul 08.30 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh panitia dan peserta dilanjutkan dengan screening motor para peserta. Di session ini, panitia mengecek satu persatu kelengkapan motor semua peserta. Dari mulai spion, lampu, sen, ban, nomer kendaraan hingga rem. Session ini mengingatkan kembali kepada seluruh peserta bahwa kelengkapan berkendara merupakan salah satu faktor keselamatan berlalu lintas. Peserta juga dilarang menggunakan lampu strobo, sirene, lampu belakang terang, ban kecil dan pernak-pernik serta asesoris lain yang dapat membahayakan pengguna maupun pengendara lain.


Sessi praktek dengan berbagai simulasi kondisi jalan yang tidak ramah.

Setelah itu, peserta melakukan praktek berkendara. Di sini peserta disimulasikan menghadapi kondisi dan medan jalan dengan berbagai macam hambatan. Dari jalanan yang tidak rata, jalanan kecil yang membutuhkan keseimbangan badan, jalanan berkelak-kelok hingga jalanan tanjakan dan turunan. Teknik menambah kecepatan, memindahkan gigi hingga kehnik pengereman dipelajari dengan dibimbing oleh para instruktur HSRT (HTML Safety Riding Team).

 Para peserta bersiap-siap melakukan sessi praktek beserta para instruktur HSRT.

 Di session ke-dua yang dimulai pukul 13.30, peserta mempelajari konsep-konsep safety riding secara teori di dalam kelas. Materi pertama yang diberikan adalah “safety awareness, attitude berkendara dan strategi berkendara”. Meteri ini dipresentasikan oleh bro Asrul dan bro Didin dari team HSRT HTML. Materi ini sangat penting karena membahas semua hal yang berkaitan dengan keselamatan berkendara. Dari mulai penyebab hingga antisipasinya. Materi kelas yang kedua adalah “Who am I” yang disampaikan oleh bro Dorry Herlambang atau yang biasa disapa bro Idhoy. Materi ini membahas posisi seorang biker dan peranan-nya di jalan raya. Berbagai pola pikir yang dimiliki oleh seorang biker agar selalu selamat dalam berkendara juga dibahas di sini.

Dr. Fuad saat memberikan materi first aid pada sessi teori.

Dokter Fuad menjadi pembicara berikutnya dengan materi first aid. Materi yang disampaikan oleh seorang biker sekaligus dokter ini juga sangat penting karena membahas teknik-teknik pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan lalu lintas.



Bro Dinar Ariefianto, HTML 001 tampak sedang menjadi moderator di sessi teori.

  Seorang illusionist terkenal yaitu Richard Rain menjadi penutup materi kelas SRC ini. Illusionist yang juga member HTML itu memberikan presentasi safety riding dengan gayanya yang khas dan penuh entertainment. Tentu saja diselingi dengan pertunjukan keahliannya sebagai seorang illusionist.


Richard Rain, sang illusionist yang juga seorang member HTML sedang memberikan materi sekaligus entertainment.

Seluruh rangkaian acara Safety Riding Course HTML Indonesia 2016 itu ditutup dengan live music dan kopdar gabungan beberapa club dan komunitas bikers di kota Bogor dan berlangsung hingga pukul 21.00 malam. Sukses untuk panitia, sukses untuk peserta, sukses untuk HTML Indonesia. Semoga semangat safety riding akan terus menyebar ke setiap pengguna jalan raya di Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar